26/02/12

Mengenal Beberapa Shortcut 3dsMax

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia 3D Modelling & Rendering tentunya sudah tidak asing lagi dengan 3dsMax bukan? 3dsMax merupakan salah satu software yang cukup populer dikalangan banyak orang. Selain 3dsMax mempunyai beberapa kelebihan dan ketertarikan tersendiri dihati para penggunanya, tutorial-tutorial penggunaan 3dsMax tidaklah terlalu sulit untuk didapatkan dan tidak terlalu sukar untuk dicoba jika kita mau berusaha.

Dalam menunjang proses modelling dan rendering projet Anda, akan lebih jika Anda sedikit mengenal beberapa shortcut dalam menggunakan tool-tool pada 3dsMax tersebut. Tentunya dengan kita mengenal beberapa shortcut tersebut akan lebih efisien dalam hal waktu. Berikut adalah beberapa shortcut 3dsMax yang mungkin sedikit bisa menambah wawasan Anda yang sedang ingin belajar tentang 3dsMax.

Mengenal Beberapa Shortcut 3dsMax

Tombol Tipe View
T Atas
B Bawah
F Depan
L Kiri
R Kanan
C View camera
P View perspektif
U View user atau aksonometri
Tombol Kegunaan
F2 menampilkan shade pada face (editable poly)
F3 menampilkan view wireframe atau shade
F4 menampilkan edge dari shade
F5 terikat sumbu X
F6 terikat sumbu Y
F7 terikat sumbu Z
Alt+ tombol tengah mouse free camera movement (perspective)
Alt+W fullscreen mode
Hold tombol tengah mouse+drag pan
Z zoom extent
S Snap
G view grid

Beberapa shortcut diatas belum tentu cocok dengan beberapa versi 3dsMax, namun yang pasti shortcut-shortcut 3dsMax diatas sudah dicoba dengan menggunakan 3dsMax 8 dan bekerja dengan baik, semoga bermanfaat.
0 Komentar:
Poskan Komentar