8 Mar 2012

Melihat Informasi Sistem Komputer Anda

Command Prompt atau cmd.exe adalah command-line interpreter yang disediakan oleh Microsoft pada operasi sistem seperti Windows, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows Server 2003 dan Windows Server 2008. Command Prompt dapat dijalankan dengan cara menggunakan shortcut windows + r dan setelah itu masukan perintah cmd lalu pilih "ok" atau tekan "enter".

Sebagian kecil dari perintah Command Prompt yang dapat dijalankan sudah kita bahas dalam artikel sebelumnya yaitu tentang Merawat Hard disk dengan Command Prompt. Untuk kesempatan kali ini IdBlogDesign akan memberikan tips bagaimana cara mengetahui atau melihat informasi sistem pada komputer Anda dengan menggunakan perintah command prompt.

Untuk langkah-langkahnya bisa Anda coba sebagai berikut :

1. Buka cmd.exe atau dengan menggunakan shortcut windows + r lalu masukan perintah cmd dan tekan enter atau ok.

2. Setelah cmd.exe terbuka, maka langkah selanjutnya adalah masukan perintah systeminfo pada jendela command prompt tersebut dan tekan enter.

3. Untuk menutup command prompt tersebut, ketik perintah exit dan tekan enter atau bisa langsung klik tanda silang pada command prompt tersebut.

Dengan langkah tersebut kita bisa mengetahui informasi tentang Host Name, OS Name, OS Version, OS Manufacturer, OS Configuration, OS Build Type, Registered Owner, Registered Organization, Product ID, Original Install Date, System Boot Time, System Manufacturer, System Model, System Type, Processor(s), BIOS Version, Windows Directory, System Directory, Boot Device, System Locale, Input Locale, Time Zone, Total Physical Memory, Available Physical Memory, Virtual Memory: Max Size, Virtual Memory: Available, Virtual Memory: In Use, Page File Location(s), Domain, Logon Server, Hotfix(s), Network Card(s) pada komputer atau notebook kita.
1 comments: