06/03/12

Merawat Hard disk dengan Command Prompt

Hard disk merupakan salah satu peripheral dari suatu rangkaian komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan file atau data. Bisa dikatakan harddisk bekerja secara terus menerus atau secara kontinyu, sehingga harddisk perlu yang namanya perawatan dan tidak menutup kemungkinan untuk peripheral yang lainnya.

Dari segi hardware, kita bisa melakukan pembersihan hard disk secara berkala dari debu atau kotoran dengan menggunakan busa atau kain. Dari segi softwarenya kita bisa memanfaatkan command prompt bawaan dari windows (windows xp, windows vista, windows 7) Anda sebagai berikut:

Merawat Hard disk dengan Command Prompt

1. CHKDSK
CHKDSK dapat digunakan untuk pengecekan terhadap bad sector atau bahkan mampu mengoreksi kesalahan sistem berkas yang disimpan pada harddisk.

Cara penggunaan :
  1. Buka command prompt(logo windows + r) dan masukan perintah chkdsk /r
  2. Jika berhasil akan muncul peringatan seperti pada gambar dibawah ini dan pilih Yes atau ketik Y pada jendela command prompt dan proses akan dilakukan pada saat Anda merestart komputer Anda.
2. CLEANMGR
CLEANMGR berfungsi untuk membersihkan file yang tidak diperlukan dari harddisk komputer Anda.

Cara penggunaan:
  1. Buka command prompt(logo windows + r) dan masukan perintah cleanmgr. Jika berhasil akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
  2. Pilih partisi harddisk yang hendak ingin Anda lakukan proses cleanmgr dan pilih ok, centang pilihan opsi pada files to delete dan pilih ok.
3. DEFRAG
DEFRAG berfungsi merapikan atau menata ulang file yang ada pada harddisk komputer Anda.

Cara penggunaan:
  1. Buka command prompt(logo windows + r) dan masukan perintah defrag c:
  2. c: merupakan partisi yang hendak Anda lakukan proses defrag, bisa Anda sesuaikan sesuai partisi yang ada pada harddisk komputer Anda. Contoh : defrag c: , defrag d:, dan seterusnya.
Tiga perintah command prompt untuk perawatan hard disk Anda diatas dapat Anda kembangkan dengan cara buka command prompt (cmd.exe) dan tambahkan /? Pada setiap perintah tersebut, sebagai contoh: chkdsk /?, cleanmgr /?, defrag /?
0 Komentar:
Poskan Komentar

Mohon maaf sebelumnya, untuk komentar yang menyertakan LiveLink tidak kami publikasikan.