Teliti dan Jeli Sebelum Membeli Kamera Digital

15 Mar 2012 | Permalink

Tanpa harus dijelaskan lagi tentang fungsi kamera digital, tentunya Anda sudah tahu bukan apa fungsi kamera digital itu? Ok langsung saja, sesuai dengan judul diatas disini saya akan memberikan beberapa tips agar Anda lebih teliti dan jeli sebelum membeli kamera digital. Hal tersebut bisa dikatakan perlu juga karena agar disaat kita membeli kamera digital, kamera tersebut benar-benar tepat guna bagi kita.

Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan :

1. Tentukan Besar Megapixel kamera yang akan dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
Bisa dikatakan besar kecilnya ukuran megapixel pada kamera digital cukup berpengaruh dengan harga. Untuk itu kita harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kita, dalam arti jika kita ingin menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan sekedar ingin mencetak hasilnya dengan ukuran kertas 6R, kamera berukuran 5 Megapixel sudah mumpuni, namun jika kita lebih sering mencetak hasilnya dengan ukuran lebih besar, alangkah baiknya menggunakan ukuran yang lebih besar karena hal tersebut akan mempengaruhi hasil cetakkan.

2. Penggunaan jenis baterai.
Untuk saat ini kamera digital menggunakan asupan daya dari baterai berjenis AA dan ada juga yang menggunakan jenis lithium. Alangkah baiknya Anda memilih baterai lithium, karena menurut pengalaman saya sendiri, jika dihitung-hitung lagi jenis baterai lithium untuk kedepannya akan lebih hemat dan praktis dibandingkan dengan jenis AA. Sekedar untuk menambah wawasan, jika kamera digital sedang tidak dipakai, sebaiknya baterai harap dilepas karena terkadang baterai bisa berjamur dan meyebabkan karat pada logam keemasan pada wadah baterai pada kamera digital tersebut.

3. Perhatikan fitur-fitur tambahan.
Kamera digital sekarang ini sudah dilengkapi berbagai kelebihan antara lain : Optical Zoom dan Fasilitas Bantuan untuk low-light. Fitur tersebut alangkah baiknya perlu Anda perhatikan, untuk fitur-fitur yang lainnya bisa dikatakan sebagai kebutuhan relative saja. Untuk kebutuhan penyimpanan hasil shoot kamera juga perlu diperhatikan dan pastikan kamera digital tersebut sudah mendukung adanya port untuk memory external.

4. Lebih berhati-hati dalam menentukan pilihan.
Sebelum membeli alangkah baiknya Anda mencari info sebanyak-banyaknya tentang jenis kamera digital yang hendak Anda beli melalui internet atau dari pengalaman teman Anda yang sudah menggunakannya. Dan yang terpenting cobalah kamera digital tersebut sebelum Anda membelinya.

Semoga tips tentang Teliti dan Jeli Sebelum Membeli Kamera Digital yang IdBlogDesign bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba

2 Komentar:

  1. share ilmu tentang snippet blog yg digunakan di blog ini dong...

    BalasHapus
    Balasan

Update: Minta tolong usahakan komentar Anda tidak menggunakan live link untuk kebaikan bersama. :)