07/04/12

Management Memori untuk Ponsel Anda

Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang beberapa cara atau tips mengoptimalkan ponsel java. Untuk itu dalam kesempatan kali ini IdBlogDesign akan melanjutkan tips yang masih berhubungan dengan artikel sebelumnya tersebut dengan judul "Management Memori untuk Ponsel Anda".

Tips ini bisa dikatakan cukup simpel dan tentunya cukup mudah dilakukan, namun manfaat yang kita dapatkan untuk ponsel kita nantinya cukuplah berarti. Selain bisa membuat ponsel kita tetap fresh dalam menjalankan proses-proses aplikasi, tips yang akan kita bahas ini juga bisa mengoptimalkan kinerja ponsel Anda dan dapat mengurangi resiko hang pada ponsel.

Management Memori untuk Ponsel Anda

Berikut beberapa tips dalam management memori untuk ponsel Anda:
  1. Jika ponsel Anda mendukung dengan adanya memori tambahan atau external memory, ada baiknya Anda melakukan seting pada pengaturan penyimpanan image atau photo-photo Anda, video, audio pada kartu memori dan bukan pada memori ponsel Anda, meskipun terkadang beberapa ponsel sudah didukung memori internal yang besar. Hal tersebut dilakukan agar dapat mengurangi resiko ponsel hang pada saat memori ponsel terisi penuh.
  2. Jika Anda sering menghapus/melakukan uninstall aplikasi atau game, ada baiknya Anda menghapus file-file yang tidak penting lagi dari game dan aplikasi tersebut dengan menggunakan file manager, tentunya jika ponsel Anda dilengkapi dengan fitur tersebut.
  3. Jika memungkinkan, ada baiknya memilih ruang penginstalan ke memori card/external memory setiap Anda melakukan install aplikasi atau game.
  4. Ada baiknya pastikan ruang sisa untuk kartu memori ponsel Anda sebesar 20% dari total kapasitasnya. Hal tersebut bertujuan agar tidak memberatkan kinerja ponsel Anda karena dengan semakin penuhnya kartu memori maka akan memberatkan kinerja ponsel.
  5. Untuk saat ini sudah banyak tersedia aplikasi ponsel yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan memori pada ponsel. Beberapa aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengatur dan menghapus file-file yang sudah tidak terpakai pada memori. Salah satu contoh aplikasi tersebut adalah MemoryUp dan masih banyak lagi aplikasi yang lainnya.
Semoga dengan beberapa tips diatas dapat membantu Anda didalam melakukan management memori pada ponsel sehingga dapat mengoptimalkan kinerja ponsel Anda dan tentunya dapat mengurangi resiko hang pada ponsel.
0 Komentar:
Poskan Komentar