14/06/12

Membuat Deskripsi Otomatis pada Posting Blogger

Deskripsi merupakan salah satu faktor yang cukuplah penting sekali dalam hal optimasi mesin pencari. Selain itu deskripsi sebuah posting juga dapat membantu para pengunjung blog yang datang berkunjung melalui mesin pencari dapat memilah apakah benar-benar ada informasi yang mereka butuhkan dalam blog kita tersebut. Bagi Anda yang menggunakan layanan wordpress.com ataupun wordpress.org tentunya hal tersebut tidak akan jadi masalah karena akan terbantu dengan adanya beberapa plugin gratis maupun berbayar yang ada dalam layanan wordpress tersebut. Akan tetapi bagi Anda yang menggunakan layanan blogger, tentunya hal tersebut akan sedikit bermasalah bukan?

Bahkan untuk saat ini disaat kita melakukan share/berbagi url post blog melalui akun facebook, deskripsi posting juga cukuplah penting karena hal tersebut tentunya dapat meyakinkan calon pengunjung blog kita nantinya. Namun jika Anda menggunakan layanan blogger, permasalahan deskripsi sering kali membuat kita sedikit ribet jika kita melakukan share link post pada facebook dengan url posting blogger, karena biasanya deskripsi posting jadi sedikit bermasalah bahkan sering kali tidak tampil.

Deskripsi Otomatis Blogger

Dalam kesempatan kali ini IdBlogDesign ingin berbagi dengan Anda tentang bagaimana cara membuat deskripsi otomatis di setiap posting artikel blogger atau lebih tepatnya meta deskripsi. Langsung saja berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun blogger Anda.
  2. Pilih opsi Template - Edit HTML dan Lanjutkan.
  3. Langkah selanjutnya adalah cari semua kode <b:skin><![CDATA[ pada template blogger Anda, setelah itu letakkan kode dibawah ini sebelum kode tersebut.
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <meta expr:content='&quot;Baca selengkapnya artikel terbaru mengenai &quot; + data:blog.pageName + &quot; di idblogdesign.com&quot;' name='description'/>
    </b:if>
    

Penjelasan:
  1. Kode <b:if cond='data:blog.pageType ==&quot;item&quot;'> dan </b:if> menjelaskan bahwa meta tersebut hanya akan ditampilkan pada halaman single post.
  2. Kode &quot; + data:blog.pageName + &quot; merupakan judul tiap artikel dan bersifat dinamis.
  3. Untuk kalimat berwarna hijau bisa Anda rubah sesuai dengan selera dan kalimat tersebut bersifat statis.

Kode-kode tersebut hanyalah sebagian kecil saja dari cara membuat meta tag otomatis untuk blogger, sehingga dapat Anda kembangkan lagi agar lebih seo friendly dan menarik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
5 Komentar:
  1. thanks mas ats info'a :) Truz berkarya ya ... GOOD LUCK !

    BalasHapus
  2. terimakasih, saya sudah mencobanya dan berhasil ketika saya share sebuah postingan dari blog ke fb.

    BalasHapus