Ket. Layanan | Keb. Privasi
8/08/2012
Share

Dalam dunia internet, tentunya menyalin dan mempublikasikan ulang artikel atau konten sudah tidak asing lagi bagi kita. Seperti halnya dalam dunia blogging, hal tersebut tentunya sudah sangat familiar sekali bukan? Akan tetapi kegiatan menyalin dan mempublikasikan ulang artikel blog atau copas tentunya akan menimbulkan sebab akibat atau untung dan rugi bagi blog yang mempublikasikan ulang, begitupun juga bagi blog yang telah diambil kontennya. Permasalahan tersebut sering kali banyak diperbincangkan oleh para blogger, ada yang pro dan ada juga yang kontra. Dalam kesempatan kali ini IdBlogDesign tidak ingin membahas tetang benar atau tidaknya menyalin dan mempublikasikan ulang artikel melainkan ingin berbagi dengan Anda tentang tips melindungi konten blog Anda.

Saat ini pengambilan konten atau artikel sebuah blog dapat dilakukan dengan berbagai cara, dengan cara manual bahkan dengan cara otomatis. Dan untuk saat ini metode-metode tersebut dishare secara bebas sehingga hal tersebut tentunya memudahkan bagi pihak tertentu dalam memanfaatkan kesempatan itu. Melindungi artikel atau konten blog pada dasarkan dapat dilakukan dengan berbagai cara, sebut saja: Menonaktifkan Seleksi Text Pada Blogger dengan penggunaan css, anti klik kanan dengan penggunaan javascript dan masih banyak lagi beberapa cara yang lainnya. Namun seperti pepatah mengatakan tak ada gading yang tak retak, seperti halnya dalam dunia dunia blogging. Mungkin dengan cara tersebut dapat mengurangi pencurian konten secara manual, akan tetapi tidak dapat mengurangi pencurian konten secara otomatis dengan memanfaatkan fitur feed pada blogger.

Tips Melindungi Konten Blog Anda

Lantas bagaimana melindungi konten blog dengan cara otomatis tersebut? Berikut beberapa cara yang IdBlogDesign lakukan dalam melindungi konten atau artikel yang mungkin dapat dicoba pada blog Anda:

  1. Menggunakan tips menonaktifkan seleksi text pada blogger dan disable right click pada sebagian artikel yang dianggap penting. Lantas mengapa hanya sebagian? menurut IdBlogDesign, jika kita menerapkan pada semua konten tentunya justru tidak terlihat professional, dan tentu saja hal tersebut kurang sesuai dengan faktor-faktor SEO.
  2. Mengubah pengaturan pada umpan situs atau feed menjadi singkat, seperti terlihat pada gambar berikut:

    umpan situs

    Mengapa tidak memilih menonaftikan fitur feed saja? Hal tersebut menurut IdBlogDesign tidak terlalu tepat karena umpan situs atau feed juga memiliki peran penting dalam SEO sebuah blog.
  3. Biasakan memasukan atau menyisipkan nama blog Anda pada posting artikel Anda, tetapi jangan terlalu berlebihan dan sesuaikan dengan kalimat artikel Anda. Dan jangan lupa juga masukan beberapa url yang mengarah ke laman blog Anda disetiap artikel. Hal tersebut selain merupakan salah satu tehnik SEO dalam menulis artikel, juga dapat kita manfaatkan untuk meminimalisir pencurian konten secara otomatis atau berlebihan. Jika pencurian konten secara otomatis atau berlebihan secara mentah-mentah maka nama blog dan url yang kita sisipkan tadi dapat memberikan backlink untuk blog kita dari blog para pencuri konten otomatis yang memanfaatkan fitur feed tersebut.

Mungkin beberapa tips diatas tidak menjamin secara 100% dalam melindungi konten blog Anda, akan tetapi setidaknya dapat meminimalisir pencurian konten. Selamat mencoba...

(8 komentar)