Ket. Layanan | Keb. Privasi
12/30/2012
Share

IdBlogDesign - Berbeda dengan blog atau website pribadi yang memiliki fungsi untuk melakukan sharing ataupun hanya sekedar untuk keperluan blogging semata. Website perusahaan atau Website toko online berskala besar memiliki fungsi yang lebih penting dan tentu saja akan lebih rentan, karena dapat berisi informasi ataupun transaksi online yang perlu adanya pengamanan lebih khusus.

Dalam artikel sebelumnya kita sudah sedikit membahas tentang beberapa jenis hosting termasuk shared hosting. Seperti halnya shared hosting, shared IP juga memiliki beberapa kekurangan atau masalah yaitu spam dari salah satu user yang menghambat pengguna lain dengan IP yang sama. Untuk itu website perusahaan atau Website toko online berskala besar ada baiknya selain menggunakan dedicated hosting, juga menggunakan IP Dedicated. Yaitu sebuah IP yang dikhususkan untuk hosting Anda, sebagai contoh selain dengan nama domain, website Anda akan dapat diakses menggunakan alamat IP, ex: http://111.222.333.444.

Dedicated IP

Lantas apa tujuan sebenarnya yang akan kita dapat dalam menggunakan IP dedicated ? Ok, langsung saja berikut beberapa alasan ataupun tujuan menggunakan IP dedicated untuk toko online berskala besar atau website perusahaan:

  1. Keamanan Website perusahaan atau Website toko online Anda bisa lebih ditingkatkan dengan menambahkan sertifikat SSL yang mana aktivasinya membutuhkan IP dedicated.
  2. Menjadikan nama domain secara khusus yang didelegasikan ke satu alamat IP. Sehingga Website perusahaan atau Website toko online Anda bisa dibuka dengan alamat IP. Apabila wacana RUU SOPA – PIPA yang dulu sempat mencuat di Amerika Serikat jadi direalisasi, maka meskipun alamat domain Website perusahaan atau Website toko online Anda diblokir dari sisi domain, user tetap bisa mengakses dengan alamat IP untuk membuka laman Website perusahaan atau Website toko online Anda.
  3. Jika dalam satu kasus nama domain Website perusahaan atau Website toko online Anda terblokir, maka Googlebot akan masuk melalui alamat IP Website perusahaan atau Website toko online Anda untuk melakukan listing website. IP tersebut menyelamatkan situs Website perusahaan atau Website toko online Anda dari penalti Google.
  4. Apabila salah satu user melakukan attack/abuse/spam, maka Yahoo / GMail akan memberlakukan blacklist terhadap IP user. Akibatnya user lain yang menggunakan IP tersebut kena banned juga. Dengan IP dedicated, Website perusahaan atau Website toko online Anda bisa terhindar dari kemungkinan tersebut.
  5. IP dedicated sudah lama diperdebatkan sebagai salah satu faktor yang menentukan SERP (Search Engine Result Page). Salah satu pendapat menyebutkan website dengan IP dedicated lebih baik dari sisi SEO sebab kualitas backlink yang lebih baik. Meskipun tidak sedikit yang menyangkal teori ini, menurut kami pendapat ini ada benarnya jika kita merujuk pada 2 poin sebelumnya.

Tidak ada komentar:
Poskan Komentar