18/02/12

Menghapus Navbar Blogger

Bagi Anda pengguna Blogger tentunya sudah tidak asing lagi dengan apa yang dimaksud dengan Navbar bukan? Navbar blogger merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Blogger pada setiap template default mereka, terkecuali jika Anda menggunakan template dinamis atau sudah menggunakan template yang sudah dimodifikasi.

Sering kali banyak para pengguna layanan blogger mengeluh akan hal tersebut, karena dirasa kurang sesuai dengan apa yang mereka harapkan, dan tentunya hal itu bisa dikatakan relatif. Dalam kesempatan kali ini IdBlogDesign akan memberikan sedikit tips untuk menghapus navbar blogger, berikut langkah-langkahnya:

Menghapus Navbar Blogger

Alternatif langkah pertama yaitu menggunakan trik menyembunyikan navbar blogger dengan kode css.
  1. Masuk ke akun blogger Anda.
  2. Klik Tata Letak.
  3. Klik Tab Edit HTML. Untuk lebih amannya bisa Anda backup terlebih dahulu template Anda dengan cara download lengkap template Anda.
  4. Cari kode </head> pada kode html tersebut, dan untuk memudahkan pencarian silahkan gunakan fitur form pencarian yang ada pada browser Anda.
  5. Setelah itu letakkan kode css berikut ini tepat diatasnya.
    #navbar-iframe {
    height:0px;
    visibility:hidden;
    display:none;
    }
    
  6. Kemudian Simpan Template Anda.
Alternatif langkah kedua yaitu dengan menggunakan atau menambahkan kode javascript kedalam template Anda.
  1. Ikuti alternatif langkah pertama diatas dari no.1 sampai dengan no.3
  2. Setelah itu silahkan cari kode <body> pada kode template Anda dan jangan lupa gunakan fitur form pencarian pada browser Anda untuk memudahkannya.
  3. Setelah itu letakkan kode javascript berikut tepat diatasnya
    <script type='text/javascript'> 
    <![CDATA[ 
    <!-- 
    /*<body>*/ 
    --> 
    ]]> 
    </script>
    
  4. Langkah selanjutnya simpan template Anda. Jika Anda melihat konfirmasi tentang penghapusan Widget Navbar, silahkan pilih Tombol Hapus Widgets atau delete widgets.
Kelemahan langkah pertama yaitu cara tersebut hanya untuk menyembunyikan navbar dengan kode css jadi bukan berarti menghapusnya, sedangkan pada langkah yang kedua memiliki kelemahan tidak akan berjalan sempurna jika browser tidak menggunakan atau memiliki dukungan penggunaan javascript. Dan ada baiknya Anda menggabungkan dua langkah menghapus navbar blogger tersebut untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
0 Komentar:
Poskan Komentar

Mohon maaf sebelumnya, untuk komentar yang menyertakan LiveLink tidak kami publikasikan.