Multiboot pada USB Flash Drive

12 Mar 2012 | Permalink

Bagi Anda mungkin sudah tidak asing lagi melihat orang yang menggunakan dualboot bahkan multiboot pada notebook atau pc mereka. Hal tersebut mereka lakukan dengan tujuan yang beragam pula, ada yang bertujuan untuk mempelajari berbagai jenis operasi sistem atau untuk kebutuhan yang berhubungan dengan pekerjaan, bahkan ada juga yang untuk sekedar terlihat keren.

Dualboot atau multiboot yang dimaksud disini adalah mengunakan beberapa operasi sistem dalam satu perangkat komputer atau notebook, dalam arti ketika hendak memulai atau menggunakan komputer, kita bisa memilih operasi sistem apa yang akan dijalankan. Hal tersebut diatas biasanya dilakukan dengan menggunakan satu atau beberapa partisi dari harddisk yang ada pada komputer atau notebook tersebut.

Namun untuk saat ini, dualboot atau multiboot tidaklah harus menggunakan harddisk, melainkan kita bisa menggunakan usb flash drive . Dengan bantuan dari software YUMI – Multiboot USB Creator (Windows) kita bisa membuat multiboot operasi sistem pada USB Flash Drive seperti menggunakan ubuntu, fedora, windows seven, bahkan kita bisa membuat multiboot yang berisi utilitas antivirus, disk kloning, alat diagnostik, dan banyak lagi.

Cara Membuat multiboot USB Flash Drive :

1. Jalankan YUMI – Multiboot USB Creator (Windows) dan ikuti petunjuk pada layar.

2. Masukan pilihan operasi sistem (live cd) yang Anda inginkan, biasanya file tipe yang didukung kebanyakan berektensi *iso, *img dan *zip.

3. Setelah proses pembuatan yang pertama selesai maka akan muncul peringatan "apakah Anda ingin melakukan penambahan bootable operasi sistem lagi". Pilih yes jika ingin menambahkan, jika tidak ya tinggal pilih saja no dan lanjutan proses berikutnya.

4. Jika sudah selesai silahkan uji coba, dan jangan lupa melakukan seting terlebih dahulu pada setingan bios Anda.

Selamat mencoba...

0 Komentar:

Poskan Komentar