12/06/12

Cara Setting Custom Domain Blogger yang Tepat

Mungkin diantara Anda sering menjumpai beberapa alamat blogger yang menggunakan custom domain/domain premium layaknya nama+domain.com, nama+domain.net, nama+domain.us dan sebagainya. Akan tetapi kita juga sering menjumpai beberapa alamat tersebut tidak bisa diakses jika menggunakan awalan domain www.nama+domain.com ataupun sebaliknya. Jika Anda dalam posisi sebagai pemilik blogger tersebut, tentunya Anda akan merugi bukan? karena tentunya selain dalam hal kemudahan akses alamat url untuk visitor/pengunjung sedikit ribet, tentunya hal tersebut juga berpengaruh dalam faktor SEO bagi alamat blogger kita.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini IdBlogDesign ingin berbagi dengan Anda, bagaimana cara melakukan setting custom domain untuk blogger yang tepat, dan tentunya agar dapat diakses menggunakan awalan www. maupun tidak. Langsung saja berikut langkah-langkahnya:

A. Seting pada layanan tempat Anda membeli domain.
  1. Langkah pertama adalah masuk ke interface akun domain Anda.
  2. Silahkan cari menu manage dns/manage records
  3. Pilih menu A Record dan ikuti langkah seperti pada gambar dibawah ini
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21
    
    A record 1
    A record 2
  4. Setelah itu masuk menu CNAME Records dan ikuti langkah seperti pada gambar dibawah ini
    CNAME Records 1
    CNAME Records 2

B. Setting pada laman blogger Anda.
  1. Masuk ke akun blogger Anda
  2. Pilih Setings - Basic - Blog Address
  3. Dan ikuti langkah pada gambar berikut ini
    ghs.google.com
    
    Custom Domain Blogger 1
    Custom Domain Blogger 2

Jika Anda sudah melakukan setting seperti langkah-langkah diatas, langkah selanjutnya adalah tunggu untuk beberapa saat, paling tidak sekitar 1x24 jam namun juga bisa lebih cepat ataupun sebaliknya. Jika dalam jangka waktu tersebut, domain custom blogger Anda belum aktif, ada baiknya Anda menghubungi pihak dimana Anda membeli domain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
0 Komentar:
Poskan Komentar